Tugas Analisa SWOT terhadap Suatu Perusahaan

PENDAHULUAN

 

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“ISM”) (BEI : INDF) adalah perusahaan Total Food Solutions yang terkemuka dengan kegiatan operasi yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran. 

ISM mengoperasikan empat Kelompok Usaha Strategis (Grup) yang saling melengkapi:

  • Produk Konsumen Bermerek (CBP), kegiatan usaha grup ini dilaksanakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“ICBP”), tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tanggal 7 Oktober 2010. ICBP merupakan salah satu produsen makanan dalam kemasan yang terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai jenis produk makanan dalam kemasan. Berbagai merek ICBP merupakan merek-merek yang terkemuka dan dikenal di Indonesia untuk makanan dalam kemasan.
  • Bogasari, memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta.
  • Agribisnis, kegiatan usaha grup ini terkonsentrasi di dua anak perusahaan terbuka, yaitu Indofood Agri Resources Ltd., tercatat di Bursa Efek Singapura, dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk, tercatat di Bursa Efek Indonesia. Kegiatan usaha utama grup ini meliputi penelitian dan pengembangan, pembibitan kelapa sawit, pemuliaan, termasuk juga penyulingan, branding, serta pemasaran minyak goreng, margarin dan shortening. Di samping itu, kegiatan usaha grup ini juga mencakup pemuliaan dan pengolahan karet, tebu, kakao dan teh.
  • Distribusi, memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia. Grup ini mendistribusikan hampir seluruh produk konsumen ISM dan anak-anak perusahaannya serta berbagai produk pihak ketiga.

 

 

SEJARAH PT INDOFOOD SUKSES MAKMUT Tbk

 

1990
  • Didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma.
1994
  • Berganti nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur.
  • Penawaran Saham Perdana sebanyak 763 juta saham dengan harga nominal Rp1.000 per saham, tercatat di Bursa Efek Indonesia.
1995
  • Mengakuisisi pabrik penggilingan gandum Bogasari
1996
  • Melaksanakan pemecahan saham dengan perbandingan 1:2.
1997
  • Mengakuisisi 80% saham perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, agribisnis serta distribusi.
  • Melakukan penawaran umum terbatas dengan perbandingan 1:5,  total penambahan saham sebanyak 305,2 juta.
2000
  • Melaksanakan pemecahan saham dengan perbandingan 1:5.
  • Menerbitkan Obligasi Seri I sebesar Rp1 triliun.

 

 
2001
  • Menerima persetujuan atas rencana pembelian kembali saham dan pelaksanaan Employee Stock Ownership Plan (ESOP).
2002
  • Melaksanakan ESOP tahap I sebanyak 228,9 juta saham.
  • Melakukan pembelian kembali saham sebanyak 915,6 juta saham.
  • Menerbitkan Eurobonds sebesar US$280 juta.
2003
  • Melaksanakan ESOP tahap II sebanyak 58,4 juta saham.
  • Menerbitkan Obligasi Seri II sebesar Rp1,5 triliun.
2004
  • Melaksanakan ESOP tahap III sebanyak 919,5 ribu saham.
  • Menerbitkan Obligasi Seri III sebesar Rp1 triliun.
  • Mengakuisisi 60% saham perusahaan kemasan karton.
2005
  • Membentuk perusahaan patungan dengan Nestlé.
  • Mengakuisisi perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.
  • Mengakuisisi Convertible Bonds yang diterbitkan oleh perusahaan perkapalan, setara dengan 90,9% kepemilikan saham.
2006
  • Melakukan pelunasan Eurobonds sebesar US$143,7 juta.
  • Mengakuisisi 55,0% saham perusahaan perkapalan Pacsari Pte. Ltd.
  • Mengakuisisi beberapa perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.
2007
  • Mencatatkan saham Grup Agribisnis di Bursa Efek Singapura dan menempatkan saham baru.
  • Menerbitkan Obligasi Seri IV sebesar Rp2 triliun.
  • Mengakuisisi 60% kepemilikan saham di perusahaan perkebunan Rascal Holding Limited.
  • Partisipasi dalam pengeluaran saham baru PT Mitra Inti Sejati Plantation dan memiliki sebesar 70% kepemilikan.
  • Mengakuisisi 64,41% kepemilikan saham PT PP London Sumatra Indonesia Tbk.
2008
  • Partisipasi dalam pengeluaran saham baru PT Lajuperdana Indah  dan memiliki sebesar 60% kepemilikan.
  • Menjual kembali 251.837.500 lembar treasury stock dan menarik kembali 663.762.500 lembar treasury stock.
  • Mengakuisisi 100% saham Drayton Pte. Ltd. yang memiliki secara efektif 68,57% saham di PT Indolakto, sebuah perusahaan dairy terkemuka.
  • Mengakuisisi 100% saham di beberapa perusahaan perkebunan yang memiliki fasilitas bulking.
2009
  • Menerbitkan Obligasi Seri V sebesar Rp1,6 triliun.
  • Pemekaran kegiatan usaha mi instant dan bumbu menjadi ICBP.
  • Grup Agribisnis menerbitkan Obligasi Rupiah Seri I sebesar Rp452 miliar dan Sukuk Ijarah I sebesar Rp278 miliar.
  • Melakukan penggabungan usaha seluruh anak perusahaan di Grup CBP yaitu PT Gizindo Prima Nusantara (Nutrisi & Makanan Khusus), PT Indosentra Pelangi (Penyedap Makanan), PT Cipta Kemas Abadi (Kemasan Fleksibel) dan PT Indobiskuit Mandiri Makmur (Biskuit) ke dalam ICBP.

 

 
2010
  • Menyelesaikan restrukturisasi internal Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP) melalui pengalihan kepemilikan saham anak perusahaan di Grup CBP, dengan jumlah kepemilikan kurang dari 100% yaitu PT Surya Rengo Containers (Kemasan Karton), PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia (Memasarkan Produk Kuliner), Indofood (M) Food Industries Sdn Bhd (Kegiatan Usaha Mi Instan di Malaysia), PT Indofood Fritolay Makmur (Makanan Ringan) dan Drayton Pte. Ltd. (Dairy), ke dalam PT. Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP).

 

 

 

 

 

PRODUK PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk

 

Beberapa produk yg diproduksi PT Indofood Sukses Makmur Tbk, diantaranya :

1. Noodles ( Mie )

Indomie, Supermie, Sarimi, Mie Sakura, Pop mie, Pop Bihun, Mie Telur Cap 3 Ayam.

2. Diary ( Susu )

Indomilk, Susu Kental Manis Cap Enak, Krimer Kental Manis Kremer, Krimer Kental Manis Tiga Sapi, Krimer Kental Manis Crima, Nice Yogurt, Orchid Butter, Indoeskrim.

3. Food Seasonings ( Penyedap Rasa )

Indofood Bumbu Racik, Sambal Indofood, Kecap Indofood, Maggi, Kecap Piring Lombok, Bumbu Instan Indofood.

4. Snack Foods ( Makanan Ringan )

Chitato, Chiki Snack, JetZ, Qtela, Cheetos, Lays.

5. Biscuit ( Biskuit )

Trenz

6. Nutrition & Special Foods ( Makanan Bernutrisi )

Promina, SUN

7. Flour ( Tepung Terigu )

Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru.

8. Cooking Oils & Fats ( Minyak )

Bimoli, Simas palmia, Happy Salad Oil

9. Pasta

La Fonte

10. Syrup

Indofood Syrup

SUMBER DAYA MANUSIA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk

 

Indofood yang memiliki 62 ribu tenaga kerja, percaya bahwa karyawan merupakan salah satu bagian terpenting dari stakeholder dan komponen vital bagi kesuksesan Indofood di masa mendatang. Perseroan berkeyakinan bahwa setiap karyawan memiliki kapasitas untuk memberikan yang terbaik dan berkontribusi pada perusahaan dan bangsa.

Indofood akan terus berupaya meningkatkan hubungan baik dengan seluruh karyawan dan manajemen untuk meraih manfaat bersama. Perseroan juga akan melaksanakan program manajemen sumber daya manusia yang bertujuan meningkatkan produktifitas dan efisiensi untuk membantu seluruh divisi dalam mempertahankan pangsa pasar dan tingkat keuntungan dalam lingkungan usaha yang semakin kompetitif. Serangkaian program pelatihan akan diselenggarakan sepanjang tahun 2008, sementara Managerial Development Program akan diperluas ke divisi lainnya mengikuti kesuksesan penyelenggaraan program ini di Divisi Minyak Goreng & Margarin serta Divisi Penyedap Makanan.

VISI DAN MISI PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk

 

Visi Perusahaan:

Menjadi Perusahaan Total Food Solutions

Misi Perusahaan :

  • Senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi, dan teknologi
  • Menyediakan produk yang berkualitas tinggi, inovatif dengan harga terjangkau, yang merupakan pilihan pelanggan
  • Memastikan ketersediaan produk bagi pelanggan domestik maupun internasional
  • Memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas hidup bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang nutrisi
  • Meningkatkan stakeholders’ value secara berkesinambungan

Strategi Perusahaan :

            Menjalin kerjasama dengan pemasok bahan baku untuk meningkatkan kualitas produk, dan meningkatkan distribusi produk-produk hingga cepat dan tepat sampai ke masyarakat konsumen.

DISTRIBUSI PRODUK PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK

 

Grup Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi paling ekstensif di Indonesia, menjangkau hampir seluruh pelosok Nusantara. Selain mendistribusikan produk-produk Indofood, grup ini juga menyalurkan berbagai produk pihak ketiga. Jumlah stock point telah berkembang dengan cepat sejak tahun 2005, memberikan penetrasi pasar yang lebih luas dan lebih dalam melalui mata rantai pasokan dan pengiriman yang efisien. Stock point yang dibangun di wilayah dengan tingkat kepadatan outlet ritel yang tinggi termasuk pasar tradisional, memungkinkan setiap stock point untuk melayani wilayahnya masing-masing dalam waktu sesingkat mungkin.

STRATEGI MENGATASI PERMASALAHAN PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK

            Strategi yang digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar dan nilai penjualan dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan lain yang menghasilkan jenis produk yang sama, PT Indofood Sukses Makmur Tbk dengan anak-anak perusahaannya melakukan hal sebagai berikut :

-           Melakukan pendekatan terhadap masyarakat dengan berbagai program dari produk yang dimiliki PT Indofood Sukses Makmur, diantaranya :

Indofood Event

Program ini merupakan salah satu cara pendekatan terhadap masyarakat melalui produk-produk seperti Indomie dalam program Indomie Jingle Dare, Indomie Kreasi, Popmie dalam program PopUpYourLife.com, Popmie Basketball 2010, Indomilk dalam program Festival Film Anak Internasional dll.

Recipe Corner

Program ini bertujuan untuk memperkenalkan produk Indofood untuk dijadikan sebagai bahan resep masakan rumah.

Menjalin Hubungan Sosial Masyarakat

            Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) merupakan komitment utama Indofood dalam membantu komunitas dan memberi kontribusi yang optimal kepada masyarakat.
            Pada tahun 2007, Indofood mengembangkan dan melaksanakan berbagai program yang didasarkan pada lima pilar utama dari filosofi CSR jangka panjang:

Building Human Capital ( Membangun Kecerdasan Bangsa )

  • Indofood Riset Nugraha
  • Pustaka Anak Nusantara
  • Baktimu Guru, Masa Depan Pertiwi
  • Establishment of quality schools in plantations

Maintaining Social Cohesion ( Mempertahankan Kepedulian Sosial )

  • Indofood Peduli
  • Posyandu Revitalization

Strenghtening Economic Value ( Meningkatkan Nilai Ekonomi )

  • Adopt Principles and Criteria for Sustainable Palm Oil Production
  • Tree Planting Initiatives
  • Waste Management

Encouraging Good Governance ( Mendukung Kepemerintahan )

  • Bogasari Mitra Partnership
  • Development of SMEs in Aceh in conjunction with Swiss Contact
  • Partnerships with farmers

Protecting The Environment ( Melindungi Lingkungan )

  • Compliance with 3 countries rules
  • Best practice certifications : HACCP, GMP, ISO, Halal, SNI

 

-           Selain menjalin hubungan dengan konsumen, PT Indofood Sukses Makmur Tbk juga terus mengembangkan produk dalam Department R & D serta Quality Control, untuk memperbarui produk lama ataupun membuat produk baru ( inovasi produk ) dan mempertahankan kualitas ( Quality Control ). Dengan demikian, Perusahaan mampu mempertahankan kepercayaan dan minat masyarakat konsumen.

-           Melakukan strategi pemasaran dengan mengenalkan produk baru atau mengenalkan inovasi terbaru dari produk bertahan, melalui Iklan Siaran TV, Radio, atau Poster yang disebar di papan reklame ataupun spanduk yg dipasang ditoko-toko yg ikut memasarkan Brand atau Produk dari PT Indofood Sukses Makmur.

-           Menguatkan Brand dari produk bertahan dengan menjadi sponsor suatu acara stasiun TV, seperti Indonesia Mencari Bakat bersama Supermie.

-           Melakukan marketing langsung guna observasi dalam mencari nilai produk baru ataupun Inovasi terbaru dari produk lama di mata masyarakat konsumen. Biasanya dilakukan di Mall, supermarket atau tempat padat pengunjung.

 

 

 

ANALISIS MASALAH

Analisis SWOT

1. Strength ( Kekuatan )

a. Kondisi keuangan / finansial yang kuat, dapat dilihat dari perkembangan kepemilikan saham di berbagai perusahaan.

b. Memiliki banyak anak perusahaan.

c. Brand yang telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia terutama produk Indomie.

d. Kepemimpinan Direksi dan Komisaris yang matang.

e. Memiliki Sumber Daya Manusia yang besar sehingga mampu produksi yang besar pula.

2. Weakness ( Kelemahan )

a. Tenaga kerja yang banyak membuat perusahaan rentan goncangan terhadap penjualan produk yang menurun.

3. Opportunities ( Peluang )

a. Pertumbuhan pasar yang terus meningkat baik di kalangan bawah, menengah maupun atas.

b. Segmentasi pasar yang tidak terlalu signifikan karena produk yang dihasilkan terus menyesuaikan untuk dikonsumsi pria atau wanita, baik tua maupun muda.

c. Memanfaatkan e-bussines dalam membantu mengembangkan pangsa pasar dan memperkenalkan produk melalui internet karena pengguna internet sama dengan masyarakat konsumen.

d. Peluang pasar yang besar dalam sistem distribusi yang mencakup grup pendistribusian produk hingga pasar tradisional dengan waktu sesingkat mungkin.

4. Threat ( Ancaman )

a. Terus dihadapi dengan pesaing-pesaing baru dengan jenis produk yang sama.

nb : mohon maklumat apabila terdapat kesalahan didalam postingan diatas. terima kasih

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s