BAHAYA ! Puntung Rokok Mengandung 9 Bahan Kimia

Info nih gak baru tapi lumayan deh , buat penyegaran biar kita perlahan sedikit mikir mikir ulang, buat kesehatan kita demi masa depan, apa lagi remaja yg masih jauh jalan hidup nya ( menyindir diri sendiri …😀😀😀 )
Sarie – Okezone

Puntung rokok
SAN FRANSISCO – Tahukah anda jika puntung rokok mengandung sembilan bahan kimia berbahaya yang dapat membunuh ikan di air?

Studi yang dilakukan para peneliti di China mengungkapkan jika ekstrak senyawa yang terdapat dalam puntung rokok dapat digunakan untuk melindungi pipa baja dari karat. Senyawa itu pula yang dapat membuat ikan di air tidak lagi bernyawa.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal American Chemical Society Industrial & Engineering Chemistry Research, yang dilansir Reuters, Jumat (14/5/2010), para ilmuwan di China mengatakan mereka telah mengidentifikasi sembilan bahan kimia saat mereka membenamkan puntung rokok dalam air.

Mereka menerapkan ekstrak tersebut ke N80, sejenis baja yang digunakan dalam pipa minyak. Hasilnya, senyawa tersebut mampu melindungi baja dari karat.

“Permukaan logam dapat dilindungi dan bahkan senyawa tersebut mampu mencegah pembubaran atom besi lebih lanjut,” tulis para ilmuwan. Ditambahkannya, bahan kimia, termasuk nikotin, tampaknya bertanggung jawab atas efek antikorosi, mereka menambahkan.

Penelitian ini dipimpin oleh Zhao Jun dari Xi’an Jiaotong University School of Energy and Power Engineering, dan didanai oleh perusahaan minyak negara China, China National Petroleum Corporation.

Korosi pipa baja yang digunakan oleh industri minyak minyak membuatuhkan biaya produksi minyak hingga jutaan dolar setiap tahunnya, hanya untuk memperbaiki atau mengganti.

Menurut laporan tersebut, setiap tahunnya terdapat 4,5 triliun puntung rokok yang dibuang ke alam setiap tahun. Selain sebagai merusak pemandangan, puntung rokok juga mengandung racun yang dapat membunuh ikan.

“Daur ulang dapat memecahkan masalah tersebut, tapi menemukan manfaat dari puntung rokok sepertinya sangat sulit,” tulis para peneliti.

China, yang memiliki 300 juta perokok, merupakan negara konsumen rokok terbesar di dunia karena berhasil mengonsumsi sepertiga total jumlah rokok yang dijual di dunia. Hampir 60 persen laki-laki di China adalah perokok dan rata-rata mengisap 15 batang rokok per hari. (srn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s