Review Ponsel Android 1,5 juta LG Optimus Me P350

Debutan baru LG Optimus Me P350 segera masuk Indonesia dalam waktu dekat. Tentu menarik untuk mengetahui seperti apa kehebatan ponsel Android yang diposisikan membidik pasar menengah bawah ini. Dengan harga jual Rp 1.550.000, LG Optimus Me akan berhadapan head to head dengan dua seri Android yang baru saja dirilis di Indonesia yakni Samsung Galaxy Mini dan AHA touch(beda versi jaringan operator).

Untuk menantang para rivalnya, LG tentu saja membekali Optimus Me dengan berbagai kemampuan penting. Fitur khas Android serta beberapa sentuhan dari LG untuk membedakan dari pesaing. Nah, Anda penasaran dengan performa dan kinerjanya? Mari ikuti review LG Optimus Me kami berikut ini.

First Impression | Kesan Pertama

Dalam hal ukuran LG OPtimus Me memang masih kalah dari Samsung Galaxy Mini. Begitu pula porsi layarnya yang masih ada di bawah Galaxy Mini. Tapi, di sektor desain, Optimus Me siap bersaing dengan rivalnya tersebut. Penampilannya termasuk manis dengan balutan glossy di bagian depan dan sentuh plastik di casing belakang. Navigasi lebih asyik dari Galaxy Mini karena terdiri dari empat tombol touchpad (option, Home, back, Search) dan dua tombol fisik call dan end. Galaxy Mini hanya menyertakan tiga tombol fisik.

Secara bentuk hampir memiliki kedekatan dengan Galaxy Mini atau AHA Touch. Bedanya sudut pada LG Optimus Me lebih membulat sehingga terlihat paling dinamis. Bagian belakang bodi divariasi dengan sentuhan warna krom sehingga menurut kami jadi terlihat gagah dan solid.

First Thing | Fitur Utama

Layar: Memiliki resolusi standar dengan tingkat ketajaman gambar kelas menengah

Mengandalkan layar sentuh TFT 256 ribu warna dengan resolusi 240×320 piksel, kelasnya setara dengan Galaxy Mini tapi lebih baik dari AHA Touch. Ketajaman gambar sudah cukup baik, namun tentu saja tak bisa disandingkan dengan resolusi layar pada ponsel kelas atas yang tampak begitu detil dan halus. Tapi tak perlu kuatir, kemampuan menampilkan menu dan fitur seperti foto, video atau game pada Optimus Me sudah cukup memuaskan. Soal respon layar sentuh capacitive LG Optimus Me, rasanya setara dengan Galaxy Mini.

Kamera: Standar, sekelas Galaxy Mini

Sama seperti Samsung Galaxy Mini, ponsel ini sudah menyediakan kamera berkekuatan 3,15 megapiksel. Ada beberapa fitur seperti digital zoom, brightness, effect, ISO, white balance, timer, geo tagging dan quality melengkapi pengaturan kamera ponsel ini. Hasil indoor dan outdoor-nya pun relatif sekelas dengan Galaxy Mini. Di luar ruangan cukup bagus, namun di dalam ruangan kurang memuaskan. Kamera ini bisa dipakai merekam video resolusi VGA (640×480 piksel). Seperti ponsel Android umumnya, Anda harus membenamkan kartu Micro SD (memori eksternal) sebelum bisa menggunakan kamera.

Sistem Operasi: Setara ponsel high end

Meski dibanderol murah, tapi LG Optimus Me sudah disuntik sistem operasi Android 2.2 (Froyo). Kemampuan interface dan fiturnya lebih lengkap dari Android 2.1 ke bawah. yang Tapi soal akselerasi jangan berharap banyak ponsel ini bakal sedahsyat ponsel high end lain yang juga berbasis Froyo. Navigasinya sih lancar, tapi Anda harus maklum jika kerap ada jeda dan lag ditemukan saat memasuki aplikasi yang berat atau saat banyak aplikasi terbuka sekaligus.

Interface: Standar Android LG

LG Optimus Me tampil dengan user interface khas Android – LG. Anda akan menemukan tujuh buah homescreen yang bisa dijejali dengan beragam shortcut, widget atau folder. Halaman homescreen bisa digeser dan diutak-atik dengan mengupas layar ke samping kiri atau kanan. Anda juga akan menemukan tiga ikon utama ((Dialler, Menu, Messaging) yang bersifat fixed (tetap). Pada menu utama, ciri khas Android jadi andalan, yakni menu grid dengan deretan empat kolom yang memanjang ke bawah. Akselerometer bisa beraksi saat ponsel diubah posisinya.

Internet: Memuaskan

LG Optimus Me sudah mendukung jalur data hingga kecepatan HSDPA 3,6 Mbps. Dukungan Wi-fi menambah lengkap fasilitas akses internetnya. Dengan browser bawaan Android, Anda bisa membuka banyak situs secara bersamaan lewat fasilitas multi tab. Tak hanya itu, Optimus Me sudah mendukung fitur pinch to zoom (memperbesar halaman dengan teknik mencubit layar). Sayang, ponsel ini belum mendukung flash player.

First Touch | Sentuhan Pertama

Saat menjajal ponsel ini, Anda akan menjumpai layar bersensor capacitive yang hanya bereaksi terhadap sentuhan jari. Cukup responsif dan peka terhadap sentuhan. Sayang, lantaran ukuran layar, pengetikan menu pada ponsel ini sedikit merepotkan jika dalam posisi portrait. Sehingga saat mengakses fasilitas pengetikan, Anda lebih baik memutar ponsel dalam posisi landscape untuk mendapatkan keypad QWERTY virtual yang lebih lapang.

Soal hiburan audio tersedia Music Player dan radio FM. Fitur pemutar musiknya sudah dispport dengan fitur shuffle, playlist dan repeat. Suara yang memancar dari loudspeaker cukup nyaring dan Anda juga bisa menikmatinya dari headset via port audio 3,5 mm. Oh ya, untuk penyimpanan data lagu, Anda bisa menancapkan micro SD lewat slot yang bersifat hotswap. Tak perlu mematikan ponsel saat hendak memasangnya.

Fitur lain yang ditemukan dalam ponsel ini adalah video player, YouTube, akses jejaring sosial Facebook dan Twitter dalam bentuk aplikasi. Kelengkapan khas Android seperti Google Search, aplikasi chatting Gtalk,Android Market, GPS beserta Google Maps sudah jadi bagian tak terpisahkan.

Tapi Anda bisa juga menemukan aplikasi penting seperti ThinFree Office, aplikasi untuk membuka, mengedit dan membuat baru file Office (Word, Excel,Power Point), News & Weather, Layar (aplikasi pencari lokasi point of interest) hingga AccuWeather. Lantaran dipaket dengan Telkomsel, beberapa layanan operator ini pun terjejal di dalam Optimus Me. Contohnya, App Zone, Dunia Games, Langit Music (download lagu legal), MyPulau (jejaring sosial) dan Dunia Chat.

LG Optimus Me adalah Android yang memiliki mutu sekelas dengan Samsung Galaxy Mini. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tapi secara keseluruhan kekuatannya setara. So, pilihan terserah selera Anda. satu hal pasti, di kelasnya, ponsel ini termasuk salah satu pilihan ponsel berbasis Android yang layak dicermati. Jika Anda pengguna awam dengan Android dan ingin merasakan sistem operasi tersebut tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, LG Optimus Me bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Kelebihan: Android 2.2, kamera memuaskan, Wifi, GPS
Kekurangan: resolusi standar, browser tanpa flash, paket multimedia ‘biasa’

Spesifikasi LG Optimus Me P350:
Dimensi : 108 x 53 x 12.5 mm; Berat : 130 gram; Sistem Operasi : Android 2.2 (Froyo); Jaringan : GSM (850/900/1800/1900 MHz); Layar : TFT touchscreen capacitive 256 ribu warna 240 x 320 pixels, 2.8 inches; Memori Internal : 140 MB; Memori Eksternal microSD, up to 32GB; Internet : GPRS, EDGE, 3G, HSDPA (7,2 Mbps), HSUPA ( 2 Mbps), WiFi, Koneksi : Bluetooth, kabel data micro USB; Messaging : SMS, MMS, Email, instant messaging; Kamera : 3.15 MP, 2048×1536 pixels; Video recorder : unlimited, VGA@24fps; Fitur Lainnya : You Tube, Think Free Office, GPS, Voice Search, Google Maps, Google Talk, Gmail, Picasa; Baterai : Litihum Ion 1250 mAh

One thought on “Review Ponsel Android 1,5 juta LG Optimus Me P350

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s